Rabu, 01 Februari 2012

Penduduk, masyarakat dan kebudayaan


     Penduduk ialah orang – orang yang menetap dan mendiami suatu wilayah tertentu, lalu tumbuh dan berkembang didalam wilayah tersebut.
Masyarakat ialah suatu kehidupan sosial manusia yang menempati suatu wilayah tertentu dan didukung oleh pranata sosial untuk mengatur kehidupan sosial nya satu dengan yang lain. Pranata sosial adalah perangkat peraturan yang mengatur peranan serta hubungan antar masyarakat, baik secara perseorangan maupun secara kelompok.
Sedangkan kebudayaan ialah hasil budi daya manusia yang terjadi dari kebiasaan suatu golongan masyarakat yang telah menjadi tradisi turun menurun ke generasi selanjutnya, atau ada yang menyebut kebudayaan sebagai semua hasil karya, cipta dan rasa masyarakat.
Keterkaitan antara penduduk, masyarakat dan kebudayaan misalnya seorang penduduk yang akan mendiami suatu wilayah tertentu bertemu dengan penduduk daerah setempat lalu terjadi lah suatu interaksi sosial yang akan terjalin harmonis apabila di dukung dengan ada nya pranata sosial untuk menjaga keteraturan hubungan sehingga terbentuk lah masyarakat, lalu didalam hubungan antar masyarakat akan timbul lah kebiasaan yang terjadi akibat dari kesamaan watak, sifat, dan pemikiran yang telah menjadi tradisi turun merunun hingga menjadi kebudayaan di masyarakat itu sendiri yang akan membedakan suatu masyarakat dengan masyarakat lain nya.
      Contoh perbedaan kebudayaan orang asia dengan orang barat :
1.      Opini : kalau orang asia cenderung berbelit belit dalam hal berargumen, terkadang harus berputar-putar dahulu untuk mengatakan sesuatu, padahal maksud nya tidak serumit yang dipekirakan. Berbeda dengan orang barat yang cenderung langsung ke pokok permasalahan nya dan mereka tidak basa basi.
2.      Waktu : orang asia cenderung kurang menghargai waktu, kalau ada janji terkadang tidak tepat waktu dan banyak alasan. Sedangkan orang barat paling tidak suka kalau ada janji tidak tepat waktu.
3.      Terhadap suatu yang baru : orang barat kalau ada sesuatu yang baru tidak langsung ingin tahu atau ingin segera memiliki dan memakai nya, tapi hanya sekedar tahu saja. Sedangkan orang asia, khususnya orang indonesia kalau ada sesuatu yang baru, belum puas kalau belum sampai memilikinya, hanya karena takut ketinggalan zaman.
4.      Transportasi : Dahulu orang barat lebih suka memakai mobil, sekarang malah cenderung lebih suka memakai sepeda, mungkin karena fatkor pentingnya kesehatan. Berbeda dengan orang asia kalau dahulu masih memakai sepeda (mampunya beli sepeda) sekarang sudah harus memakai mobil, kalau mampu bahkan menggunakan jasa supir pribadi.
5.       Hari minggu : orang asia lebih suka menghabiskan waktu libur sabtu dan minggu pergi jalan-jalan, sekedar pergi ke mall, nonton bioskop. Sedangkan orang barat lebih memilih banyak dirumah menghabiskan waktu untuk beristirahat dibanding pergi jalan-jalan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar