Senin, 14 November 2011

India Sukses Uji Rudal Jarak Jauh Agni-IV




BHUBANESHWAR, KOMPAS.com -  India, Senin (15/11/2011), sukses melakukan uji coba salah satu rudal jarak jauhnya yang mampu membawa hulu ledak nuklir seberat satu ton hingga jauh ke pedalaman China, kata para pejabat.
Seorang jurubicara Organisasi Pengembangan dan Riset Pertahanan (DRDO) mengatakan rudal-rudal Agni-IV diluncurkan pada pukul 09.00 waktu setempat (atau 10.30 WIB) dari sebuah tempat uji coba di negara bagian Orissa di India timur. "Semua parameter dipenuhi dan itu merupakan uji coba yang sangat sukses," kata juru bicara DRDO, Ravi Gupta, kepada AFP.
Dia mengatakan, rudal berhulu ledak nuklir yang didukung bahan bakar padat itu ditembakan dari sekitar Teluk Benggala ke Samudera Hindia. Agni dalam bahasa Sansekerta berarti api. "Agni-IV memiliki jangkauan maksimum 3.500 kilometer tapi kali ini parameter peluncuran adalah 3.000 kilometer," kata juru bicara itu.
Rudal-rudal seri Agni merupakan salah satu dari lima rudal yang dikembangkan oleh DRDO berdasarkan Program Panduan Pengembangan Rudal Terpadu yang diluncurkan pada 1983.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar